Tuesday 30 September 2014

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 11 Kurikulum 2013 Halaman 60

Untuk memudahkan kalian dalam mengerjakan pr, saya berikan kunci jawaban sejarah kelas 11 kurikulum 2013 yang halaman 60.
Kunci jawaban ini saya rangkum dari brainly.co.id. Pembuatan kunci jawaban ini dimaksudkan untuk membantu kalian dalam mengerjakan pr dan setelah itu untuk kalian pelajari, karena biasanya latihan latihan soal itu adalah hal hal penting dalam bab yang telah dipelajari, dan kemungkinan akan muncul di ulangan. Jadi saya tidak bermaksud untuk membuat kalian menjadi malas. Selamat mengerjakan!

1. Jelaskan bagaimana kondisi Eropa Barat sekitar abad ke 14-15 sehingga akhirnya orang-orang eropa itu mencari dunia baru ke timur ?
Jawab : Kondisi Eropa pada saat itu ialah kekurangan pasokan rempah-rempah,dikarenakan runtuhnya Kontatinopel oleh turki ustmani pada tahun 1453,Runtuhnya kontantinopel membuat pasokan rempah-rempah ke Eropa terputus sehingga mau tidak mau bangsa Eropa harus menjelajah melalui jalur laut ke timur dengan tujuan

Gold : Kekayaan
Glory : Kejayaan
Gospel : Penyebar luasan agama nasrani.
Contoh bangsa eropa yang pergi menjelajahi laut : Spanyol,Portugis,Inggris dan Belanda.


2. Jelaskan bahwa VOC dikatakan sebagai negara dalam negara!
Jawab : Karena pemerintah Belanda memberikan Hak Octroi atau Hak Istimewa kepada VOC, yang meliputi : 1) Hak monopoli, 2) Hak untuk membuat uang, 3) Hak untuk mendirikan benteng, 4) Hak untuk melaksanakan perjanjian dengan kerajaan di Indonesia, 5) Hak untuk membentuk tentara. Jadi, VOC bisa mengatur segala urusannya lazimnya seperti sebuah negara.

3. Benarkah J.P coen merupakan peletak dasar bagi penerapan kolonialisme dan imperialisme di indonesia?
Jawab : iya, itu benar karena ia yang memimpin VOC

4. Apa yang dimaksud dengan kolonialisme dan imperialisme? Dalam praktik keduanya tidak dapat dipisah-pisahkan bahkan dikatakan kolonialisme merupakan penguatan dari imperialisme, apa maksudnya?
Jawab : -kolonialisme : suatu faham yang bertujuan untuk menguasai suatu wilayah/negara lain dan menggunakannya sebagai negara jajahan.

-Imperialisme :suatu faham yang bertujuan untuk menanamkan pengaruh dan kepercayaannya di negara jajahan tersebut.



Kolonialisme dan Imperialisme tidak dapat dipisahkan karena jika muncul perlakuan kolonialisme maka kedepannya pasti akan muncul kelakuan imperialisme,dan jika ada kelakuan imperialisme,maka sebelumnya pasti dilakukan kolonialisme terlebih dahulu.


5. Apakah politik devide et impera? tunjukkan bukti-bukti bahwa VOC telah menerapkan politik devide et impera!
Jawab : politik devide et impera adalah politik mengadu domba pada zaman VOC yang dapat menyebabkan perpecahan antar warga


Bukti nya : rakyat indonesia sering bertikai antara satu sama lain karena telah dimanipulasi oleh VOC


6. Jelaskan kaitan antara korupsi dan bubarnya VOC
Jawab : -rendahnya gaji pegawai VOC yang menyebabkan mereka berbuat korupsi.

-VOC banyak membiayai peperangan.
- sesuai dengan hak octrori, walau VOC bangkrut para pemegang saham tetap mendapatkan pembagian keuntungan.
-banyaknya saingan perdagangan di asia.


7. Pada masa pemerintahan raffles, peran bupati sebagai penarik pajak dihapus dan para bupati dijadikan pegawai bagian dari pemerintahan kolonial. Mengapa demikian, apa maksud raffles dibalik itu semua, coba jelaskan!
Jawab : Raffles mengingikan adanya perubahan dalam pemerintahan di indonesia (jawa). tetapi tidak berjalan dengan baik karena rakyat tiadk mampu membayar pajak dengan uang.

8. Cari benang merah kaitan antara VOC, Tanam paksa dan usaha swasta, yang pada akhirnya membuat kemiskinan dan penderitaan rakyat!
Jawab : -sistem ekonomi VOC itu sendiri sudah kacau dengan cara memonopoli perdagangan setiap daerah jajahannya di Indonesia belum ditambah pejabat VOC yang korup dan menyebabkan mendarah dagingnya budaya korupsi.

-Tanam paksa itu sistemnya bukan mendapatkan imbalan/upah melainkan dengan cara memaksa (bukan sukarela) dan akhirnya rakyat banyak yang menderita dan melarat.
-Usaha swasta yang membuat penderitaan rakyat mungkin usaha yang menerapkan sistem kapitalis/liberal pada usahanya yang mengakibatkan kesenjangan sosial pada masyarakat dan berakibat penderitaan rakyat.


9. Ceritakan kembali proses masuknya agama kristen ke indonesia!
Jawab : Mula-mula penyebaran itu di arahkan kepada orang yang berada di sekitar tempat perdagangan rempah-rempah, umumnya di Maluku dan kemudian meluas ke segala pelosok di tanah air.


Pendeta-pendeta Protestan yang datang yang datang dari Negeri Belanda pada umumnya bekerja untuk bangsa Belanda, tetapi kemudian mereka juga mengajarkannya kepada penduduk asli. Dalam penyiaran ini pemerintah penjajahan sangat membatasi pekerjaan pengabaran agama kepada penduduk asli, karena takut mengganggu perdagangan yang mereka laksanakan. Namun, penyebaran agama tidak dapat dan tidak boleh disamakan dengan kepentingan dagang. Oleh karena itu, meskipun terdapat hambatan dari pemerintah penjajah, agama Kristen Protestan berkembang terus.


10. Tahun 1563, dapat dikatakan sebagai tahun pertumbuhan agama katolik di tanah minahasa sulawesi utara. coba jelaskan!
Jawab : Karena tahun 1563 adalah tahun pertumbuhan agama katholik untuk suku minahasa

64 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Thanks gan sangat membantu :D

    ReplyDelete
  3. terimakasih sangat bermanfaat😂😂

    ReplyDelete
  4. Terimakasih banyak gan atas bantuan nya semoga di beri balasan sama.allah swt.

    ReplyDelete
  5. Terimakasih banyak gan atas bantuan nya semoga di beri balasan sama.allah swt.

    ReplyDelete
  6. Makasih gan . Lanjutkan 😀👍

    ReplyDelete
  7. Makasih gan...

    Sangat Berguna

    ReplyDelete
  8. Thanks Bro Kalau Gak Ada Ini Mungkin Gw Udah Di Hukum

    ReplyDelete
  9. Thanks bro, your website so legit

    ReplyDelete
  10. @viandy alfillah, as legit as your pen nah?

    ReplyDelete
  11. @Ariq Fattiansyah legit is lapis legit yeah, so sweet taste

    ReplyDelete
  12. @viandy alfillah, hey kau kerjakan pr mu tulah jangan kau main hape boi

    ReplyDelete
  13. @Ariq Fattiansyah my homework in this website bro, keep calm yeah

    ReplyDelete
  14. @viandy alfillah, dont disturb public order mannnh

    ReplyDelete
  15. Terimakasih, sukses selalu. Aamiin

    ReplyDelete
  16. Makasihh yaaa😊😊😊😊😊🙏🙏🙏

    ReplyDelete